Dasar Islam

((افترقت اليهود على إحدى وسبعين فرقة. فواحدة في الجنة. وسبعون في النار, وافترقت النصارى على ثنتين وسبعين فرقة. فإحدى وسبعون في النار، وواحدة في الجنة. والذي نفس محمد بيده! لتفترقن أمتي على ثلاث وسبعين فرقة. واحدة في الجنة و ثنتان سبعون في النار)).
قيل: يا رسول الله! من هم؟ قال ((الجماعة)).

“Yahudi telah terpecah menjadi 71 golongan, satu golongan masuk surga dan 70 lainnya ke neraka. Nasrani terpecah menjadi 72 golongan, 71 golongan ke neraka, hanya satu yang masuk surga. Dan demi Dzat Yang jiwaku ada ditangan-Nya, sungguh umatku akan terpecah menjadi 73 golongan, satu golongan akan masuk surga dan 72 lainnya ke neraka.”

Rasulullah ditanya : “Siapa golongan yang selamat itu wahai Rasulullah?”

Beliau menjawab : “Al Jama’ah.” (HR. Ibnu Majah no. 3992, Ibnu Abi ‘Ashim dalam As Sunnah no.63, Al Lalika’i dalam Syarh Ushul I’tiqod Ahlus Sunnah wal Jama’ah no.149, Al Ashbahani dalam Al Hujjah (19-20). Dinyatakan hasan oleh Syaikh Salim bin Ied Al Hilali dalam Bashoir Dzawisy Syarof hal. 92-93)

Ketika membaca hadits berikut hendaknya kita menyadari bahwa sudah menjadi kewajiban kita sebagai umat muslim akhir zaman yang tidak mendapat kesempatan bertemu langsung kepada Rasulullah SAW untuk mempelajari Islam dari dua sumber hukum yang paling utama yaitu Al-Qur’an dan Hadits. Dan hendaknya kita tidak berhenti mempelajarinya dan berusaha untuk melaksanakannya. Walaupun sejak kecil kita sudah diberi pelajaran agama, apakah dulu kita mempelajarinya karena sadar atau sekedar mengikuti sistem yang ada? Seperti yang telah dibahas pada postingan  Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Belajar, berikut adalah dasar-dasar agama Islam yang harus kita pelajari.. Mari memulai lagi dari dasarnya, pastikan kita mengetahui dasar-dasarnya dan berusaha untuk mengamalkannya. Jika kita ridha kepada Agama Islam, kita harus ridha atas semua perintah dan larangan dari Allah SWT.. Mari sama-sama mempelajari Islam..

Aqidah

Akhlak

Manhaj

Al Qur’an

Fiqih dan Muamalah

Dari artikel Pelajaran Dasar Agama Islam — Muslim.Or.Id by null

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s