(Dulu) Gw Nggak Suka Sejarah!

Yup.. Dulu gw paling nggak suka pelajaran sejarah.. Pelajaran ini isinya hafalan semua, isinya tanggal-tanggal, lokasi, nama peristiwa, pelaku sejarah, dan hal-hal lain yang penuh hafalan. Dan pada dasarnya gw emang agak kurang suka dengan hafalan, gw tipe orang yang learning by doing . Buat gw kalimat “hear and I forgetI see and I remember. I do and I understand” itu bener banget..

Kembali lagi ke soal sejarah, dari jaman SD kita semua belajar sejarah Indonesia. Perjanjian ini, perjanjian itu, perang ini, perang itu, tokoh ini, tokoh itu, yang buat gw semuanya hanya akan menempel sampai ujian tiba. Abis itu, sama sekali ngga inget, cuma inget samar-samar dan tebak-tebak berhadiah. Makannya kalo sekarang gw ditanya soal sejarah, pasti akan lebih banyak diem. Hehe.. Tapi, gw selalu salut dengan temen-temen gw yang bener-bener suka sejarah. Mereka bisa mengingat semua itu. Nggak hanya mengingat, tapi mereka memang cinta dengan sejarah. Mereka bisa menceritakan kembali kejadian-kejadian yang terjadi puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu, dengan detail, dengan penuh semangat, yang bisa membawa pendengarnya seolah-olah berada pada masa itu *trus gw tetep langsung lupa lagi abis diceritain.. haha*. Dan sebenarnya gw juga pengen bisa seperti itu, karena banyak sekali pelajaran yang dapat dipetik dari sejarah. Mulai dari kisah mpu gandring sampai perjuangan melawan menjajah, semuanya memiliki hikmah yang seharusnya bisa gw ambil sebagai bekal menjalani hidup ini. Bahkan Bung Karno pun mengatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya. Istilah kerennya “JASMERAH” Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah.. Karena dengan mengetahui dan menghargai sejarah, kita jadi tau perjuangan para pendahulu kita dalam memperjuangkan keyakinan mereka sampai kita bisa menikmati semua yang ada sekarang ini.

Anyhow, dalam masa kembali belajar ini.. Ada satu sejarah yang harus gw pelajari dengan benar-benar serius.. Sejarah apakah itu? tentu saja sejarah Islam! Walaupun di jaman Madrasah Aaliyah Negeri Insan Cendekia gw dapet pelajaran SKI, tapi sama dengan sejarah-sejarah sebelumnya semuanya cepat sekali hilang. Dan karena mindset gw adalah sejarah=hafalan, gw malah kehilangan inti dari sejarah itu sendiri.. Padahal yang penting itu intisari yang bisa dipetik dari sejarah tersebut.. Gw ngga inget nama-nama istri nabi, urutan kejadian dari rasul lahir – diangkat sebagai rasul – wafat, urutan 4 khalifah juga baru inget setelah nyari-nyari lagi.. Intinya gw masih belum tau apa-apa lah soal sejarah agama gw sendiri! Padahal ini penting banget.. banget banget banget.. untuk bisa mengerti bagaimana perjuangan di awal datangnya Islam, bagaimana saat kejayaan Islam, dan bagaimana mulai mundurnya kejayaan Islam.. Musuh-musuh Islam, pemimpin-pemimpin Islam, dst. Itu semua penting banget..

Bagaimanapun juga, gw ngga bisa berubah begitu saja jadi suka sejarah. Kalo disuruh baca buku sirah nabawiyah jujur gw pengen banget tapi gw yakin akan lama banget beresnya.. Gw perlu media pembelajaran yang lebih mudah gw cerna dan harapannya bisa gw ingat-ingat juga terus menerus sampai bisa bercerita ke orang lain atau keluarga gw nantinya.. Dan di zaman serba cepat seperti sekarang ini, internet merupakan salah satu jawabannya. Semuanya bisa dipelajari di Internet asal kita ada niat dan mau meluangkan waktu untuk belajar. Salah satu solusi lainnya adalah Film! Ya, ini yang mungkin paling cocok untuk gw.. dan Alhamdulillah ada film yang bagus banget untuk belajar sejarah perjuangan Islam pada masa-masa rasul sampai khalifah: OMAR

Film ini sempat di putar di MNC TV ketika Ramadhan kemarin, jam-jam sahur katanya.. Tapi waktu itu gw nggak banyak nonton film ini karena lebih dari setengah bulan Ramadhan gw habiskan di negri orang yang ngga ada MNC TVnya.haha.. Begitu pulang cuma dapet sedikit aja… Karena film ini cukup sukses, penontonnya meledak ceunah, jadi mulailah muncul yang jualan DVDnya.. Harganya lumayan juga kalo yang kualitas bagus.. Saat-saat seperti inilah mindset mahasiswa muncul.. Copy doongg… haha..

Film seri OMAR yang terdiri dari 30 episode ini gw rekomendasiin banget deh untuk ditonton.. Lebih bermanfaat.. Di sana jadi terbuka matanya gimana perjuangannya dulu untuk membawa Islam.. Bagaimana perlawanan dari kaum quraisy yang sering disebut dalam Al-Quran.. Dari sana bisa lebih mendalami lagi tentang agama Islam itu sendiri.. Meyakinkan lagi untuk hanya kembali ke Al-Quran dan Hadits sebagai aturan yang paling benar.. Sekarang aturan-aturan banyaknya buatan manusia termasuk opini publik.. Harus hati-hati pokoknya..

Dulu gw nggak suka sejarah, sekarang gw harus belajar dan menyukai sejarah.. dimulai dengan sejarah Islam 🙂

Tulisan ini udah lama banget ada di draft.. malem ini harus publish! Pokoknya gw ucapkan selamat nonton aja deh! dan selamat menyukai dan mempelajari sejarah Islam 🙂

Advertisements

6 thoughts on “(Dulu) Gw Nggak Suka Sejarah!

  1. eta pisaaaan Daaaabz… se”eta” itu bahkan.
    dulu aku juga kan dapet SKI pas di MTs.. dan itu udah super muak luar biasa..
    pelajaran paling mmales, karena ngerasa hapalan dan “ga butuh”.
    dan sekaraang2 ini, ketka sadar “I must know the history”, aku mpe bela2in sendirian siang2 panas2 ke Palasari, buat nyari buku “SKI” lah, trus mpe ngalah ama pedagangnya krn harganya ga bisa ditawar lagi. T_T
    trus ama beli bbrp buku ttg khalifah juga.
    dan tentu sajaa, omar jg alternatif yang oke,, aku jg udah ngopi ke Aad filmnya.. 😀

    • Iyaa laaa, SKI waktu di IC itu kalo sekarang kamu tanya aku akan jawab ngga inget sama sekali dulu itu belajar apa >.<

      wah salut untuk perjuanganmu la, perjuanganku sebatas memanfaatkan waktu ke bandung untuk ketemu aad dan ngopi Omar yang lengkap. Hehe.. Trus bukunya udah selese dibaca belom laa? salut deh kalo udah, aku udah ngga pernah baca buku lagiiii!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s