Radio Amatir..

Radio amatir yang juga disebut ‘ham radio’ merupakan suatu layanan penyampaian informasi dengan menggunakan sarana frekuensi radio yang sekaligus merupakan sebuah hobi. Sebenarnya radio amatir sama sekali bukan berarti para penggunanya adalah orang-orang yang amatiran, melainkan disebut radio amatir karena layanan informasi ini tidaj boleh dikomersialkan.

Menurut data-data yang didapat, radio amatir mulai berkembang pada tahin 1920an, dan sampai sekarang, radio amatir telah memberikan konstribusi yang tidak kecil dalam berbagai bidang seperti pada bidang sains, engineering, industri, dan layanan sosial.

Berbeda dengan lampu, mesin uap dan penemuan2 lain yang jelas siapa penemunya, ternyata penemu radio bisa dibilang tidak jelas siapa. Beberapa nama disebut-sebut sebagai penemu radio seperti Heinrich Rudolf Hertz (1888), Nikola Tesla, Guglielmo Marconi, Amos Dolbear, Reginald Fessenden, James Clerk Maxwell, Sir Oliver Lodge, Mahlon Loomis, Nathan Stubblefield, and Alexander Popov. Beberapa nama terdengar asing, dan sebagian sudah pernah kita dengar sebagai penemu.

Pada tahun 1912, batas siaran radio amatir sempat dibatasi menjadi hanya 200 meter oleh pemerintah Amerika. Karena kecilnya wilayah yang dicakupi, radio amatir dianggap kurang berguna dan membuat pesertanya berkurang sebanyak 88%. Radio amatir juga sempat dihentikan pada tahun 1917, yaitu pada saat terjadinya perang dunia pertama, dan kembali diizinkan pada tanggal 1 Oktober 1919.

Hebatnya, walau telah diterjang berbagai cobaan *halah..*, perkembangan radio amatir tidak berhenti. Pada tanggal 27 November 1923, percakapan radio amatir lintas samudra antara Amerika dan Inggris terjadi. Dan menyusul di tahun-tahun berikutnya amerika utara dengan amerika selatan, amerika selatan dengan New Zealand, Amerika Utara dengan New Zealand, dan New Zealand dengan London.

Ternyata sampai sekarang pun radio amatir masih memiliki komunitasnya sendiri. Biasanya radio amatir dijalankan hanya sebagai hobi maupun sarana penyampaian informasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s