OSI Layers? Apaan tuh?

Duh.duh.duh.. baru denger nih gw OSI Layer.. pas kmaren dkasi tau tugasnya soal ini, refleknya ‘Apaaan Tuh?’

ya akhirnya nyoba2 nyari di google lah, lagian yg dsuru jelasin kan soal situs google.. akhirnya dari bbrapa referensi yg gw dapet.. gw menyimpulkan sendiri klo OSI layer itu adalah..Biar gampang, bayangin sebuah Assembly line di suatu pabrik.. jadi kan di tiap tempat terjadi pemasangan suatu alat tuh klo di pabrik.. nah, klo di OSI Layers ini, terjadi suatu proses yang berkaitan dengan data.. Masing2 layer akan mempersiapkan data untuk diproses oleh layer selanjutnya.. OSI Layers itu terbagi menjadi dua, yaitu aplication set dan transport set..

  • Application Set, terbagi lagi menjadi 3 yaitu:
  1. Layer 7. Application. Merupakan layer yang sebenernya berhubungan dengan Sistem Operasi atau suatu program disaat pengguna ingin untuk mentrasfer file, membaca pesan dll.
  2. Layer 6. Presentation. Merupakan layer yang mengambil data setelah diproses oleh application layer kemudian mengubah data tersebut menjadi format standar sehingga dapat dimengerti oleh layer2 yang lain.
  3. Layer 5. Session. Layer ini membuka, menjaga dan menutup koneksi dengan alat penerima.
  • Transport Set, terbagi menjadi 4, yaitu:
  1. Layer 4. Transport. Layer ini menjaga Flow Control dari data dan melakukan pengecekan dan pengembalian data diantara alat2.
  2. Layer 3. Network. Bagaimana cara data dikirim ke alat penerima ditentukan di layer ini. Logical Protocols, routing dan addresing ditangani disini.
  3. Layer 2. Data. Di Layer ini, protokol fisik yang benar di assign kepada data, juga tipe dari jaringan dan packet sequencing ditentukan.
  4. Layer 1. Physical. Inilah layer yang benar2 berhubungan dengan hardware. Ia menentukan karakteristik fisik dari jaringan seperti koneksi, level voltase dan timing.

Itulah penjelasan mengenai OSI Layer. dalam penerapannya, dalam situs google misalnya mungkin belum dapat dijelaskan.. saya belum mengerti benar2 tentang OSI Layer ini.. smoga kru2 ARC bisa membantu ;P

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s