GE Volunteers Indonesia, visit to YAI

Hari ini, Selasa 25 September 2012, GE mengadakan acara GE Volunteer mengunjungi YAI (Yayasan Anyo Indonesia) di daerah Slipi. GE Volunteer sendiri merupakan event2 yang dihadiri oleh karyawan2 GE secara sukarela. Format acara GE Volunteer bermacam-macam: ada yang membersihkan lingkungan sekitar, renovasi panti jompo, mengunjungi SMA yang kegiatannya didukung oleh GE dan PJI (Prestasi Junior Indonesia), mengundang anak-anak SMA untuk mengetahui bagaimana dunia kerja, dll. Pada kesempatan kali ini, GE Volunteer akan mengunjungi Yayasan Anyo Indonesia yang merupakan rumah singgah bagi anak-anak penderita kanker. Para anak-anak penderita kanker dari daerah yang tidak memiliki sanak saudara di Jakarta bisa tinggal di rumah singgah tersebut ketika harus menjalani pengobatan/terapi. Lebih lengkap mengenai YAI bisa dilihat di: http://www.yai-indonesia.org/YAIWP/

Tadi pagi gw berangkat naik trans kemang pratama feeder busway yang jam 6:20, nasib tinggal di bekasi.. Harus berangkat jam segitu untuk bisa sampe kantor jam 8 pagi.. Haha.. Tapi itu masih nggak pagi-pagi amat lah, banyak yang jam 5 pagi udah harus jalan.. Sampe kantor jam 7:40, langsung persiapan ini itu untuk berangkat ke rumah anyo.. Singkat cerita, sampailah gw, cori, mba reni, mba tika, mba kenia, dan mba vera di rumah Anyo sekitar jam 8:20.. Sampai di sana, angkat-angkat ini itu, rapih-rapih ini itu, nyiapin ini itu, kita disambut sama anak-anak yang di sana.. Pertama melihat mereka, mereka kelihatan sangat bahagia lhoh.. Seperti anak-anak kecil bahagia pada umumnya *namanya juga anak-anak*, sama sekali nggak terlihat adanya rasa sedih atau putus asa.. Subhanallah..

Salah satu anak yang bernama Noval terlihat menonjol dibanding yang lainnya, dia yang paling tua disana.. dan terlihat layaknya ketua geng anak2 tersebut.haha.. Seneng banget rasanya melihat wajah-wajah bahagia mereka ketika banyak teman-teman yang datang mengunjungi, noval ngga berhenti bercerita dengan entengnya tentang jadwal perawatannya, bahwa dia akan kontrol di darmais kemudian menjalani kemoterapi bulan depan.. Ya Allah, anak sekecil itu sudah diberi cobaan seberat ini.. Semoga dia dan keluarga diberi ketabahan dan kekuatan untuk melalui cobaan ini.. Dan hendaknya kita yang diberi nikmat sehat oleh Allah tidak henti-hentinya mensyukuri semua karunianya, seharusnya kita malu masih mengeluh kepada Allah setelah diberikan semua nikmat ini..

Nggak lupa untuk foto-foto dulu, kami mereka seneng difoto :D

Foto bersama anak-anak di rumah Anyo

                                                             GE Volunteers

Kemudian kita kembali siap-siap ini itu sebelum Cammie Rice datang, beliau adalah istri dari John Rice (CEO GE GG&O ASEAN) yang sedang berkunjung ke Indonesia. Sebelum ke rumah Anyo, dia dan beberapa GE Volunteer yang lain mengikuti acara di SMA 7 Jakarta. Katanya acara di sana seru juga tuh, ada tari saman segala.. Beberapa saat kemudian datanglah Cammie Rice yang disambut oleh anak-anak..

                                                Welcoming Cammie Rice

Acara pun di mulai, diawali dengan Cammie yang diajak berkeliling ke seluruh bagian rumah Anyo didampingi oleh Ibu Pinta sang ketua YAI. Sementara Cammie berkeliling, yang lainnya tetap sibuk foto-foto mempersiapkan acara selanjutnya yaitu membatik bareng-bareng bekerja sama dengan Mbatik Yuuuk!!! Selesainya Cammie berkeliling, ibu pembimbing dari Mbatik Yuuuk memulai presentasi soal membatik, dijelaskan pola-pola batik seperti mega mendung, dll, dll *lupa*.. Yak, inilah yang ditunggu-tunggu, mulai membatik!

Ternyata ga gampang ya membatik tulis pake canting itu, prosesnya panjanggg, ini untuk satu warna aja ribet.. Ga kebayang kalo polanya rumit kayak kain-kain batik tulis di pasaran itu berapa lama bikinnya.. No wonder lah harganya mahal skalski, emang susah broh bikinnya! Polanya udah digambarin pake pensil di kain putih, tinggal ditebelin pake lilin panas dengan menggunakan alat canting, dilapisinnya bolak balik juga ternyata.. si lilin ini gunanya adalah supaya bagian yang dilapis lilin nggak ikutan berwarna waktu dicelup pewarnanya.. Jadi waktu lilinnya dihilangkan setelah dicelup warna, tertinggalah pola yang tadi di lilin tetap seperti warna kain aslinya.. Gw masih ngga kebayang gimana caranya kalo warnanya batik tulis mau macem2.. Setelah serius membatik, lilinnya netes sana sini bleber kesana kemari, wajar lah ya first timer.. dan inilah hasilnya!

“L” stands for…?

Ntar kalo udah diwarnain boleh diminta nggak ya.. lumayan buat pajangan di kamar hehehe.. Setelah itu smuanya makan siang, dan abis makan siang acara dilanjutkan dengan performance dari anak-anak di sana. Pada mau nyanyi mereka.. Dua lagu pertama yang dinyanyiin itu kasih ibu dan cinta untuk mama.. Lumayan haru juga mendengar mereka menyanyikan lagu ini.. Lagu berikutnya adalah lagu The Massive – Jangan Menyerah. Ketika dinyanyikan oleh mereka, terasa banget bagaimana lagu ini bisa begitu mengena dan dalam artinya untuk mereka.. Berikut penggalan lirik lagu tersebut..

Tak ada manusia
Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi

Kita pasti pernah
Dapatkan cobaan yang berat
Seakan hidup ini
Tak ada artinya lagi

Syukuri apa yang ada
Hidup adalah anugerah
Tetap jalani hidup ini
Melakukan yang terbaik

Tuhan pasti kan menunjukkan
Kebesaran dan kuasanya
Bagi hambanya yang sabar
Dan tak kenal putus asa

Lagu ini benar-benar dalam maknanya, mengingatkan kita untuk selalu bersyukur dan menjalani hidup ini dengan sebaik-baiknya.. Barusan liat video klipnya yang pernah gw download bulan Juli tahun 2009 yang lalu, video klipnya benar-benar menyentuh, bisa menjadi penyemangat ketika sedang down untuk selalu berjuang dan tak kenal putus asa.. Hidup di dunia ini hanya sementara, hidup di dunia ini hanya cobaan, jadikanlah akhirat sebagai tujuan kita niscaya kita akan selalu merasa berkecukupan..

Belum selesai sampai di sana, anak-anak yang sangat bersemangat itu pun melanjutkan dengan berdiri dan membentuk formasi untuk menari! I’m so excited to see what kind of dance they will perform.. Background musik pun mulai mengalun, intro ini.. kok kayaknya pernah dengar ya.. ternyata, itu adalah lagu Cherry Belle – Beautiful! HAHAHA… Itulah reaksi pertama gw, anak-anak jaman sekarang lagunya ya.. Tapi setelah mereka mulai menari bahagia diiringi lagu itu dengan penuh semangat, gw jadi melupakan Cherry Belle dan menyadari kalau lagu ini juga dalem maknanya untuk mereka..

Don’t cry, don’t be shy
Kamu cantik apa adanya
Sadari syukuri dirimu sempurnaJangan dengarkan kata merekaDirimu indah pancarkan sinarmu

You are beautiful, beautiful, beautiful
Kamu cantik cantik dari hatimu
You are beautiful, beautiful, beautiful
Kamu cantik cantik dari hatimu

Tahukah dirimu berbeda istimewa
Kau bisa membuat mereka jatuh cinta

You are beautiful, beautiful, beautiful
Kamu cantik cantik dari hatimu
You are beautiful, beautiful, beautiful
Kamu cantik cantik dari hatimu

Hari ini benar-benar berarti, meninggalkan kenangan mendalam, dan membawa perubahan bagaimana gw melihat dan menyikapi hidup ini.. Mengingatkan gw dengan keras untuk senantiasa bersyukur.. Terima kasih YAI, terima kasih GE Volunteer.. Semoga kalian terus diberi kekuatan dan ketabahan, semoga lekas diberi kesembuhan ya :’)

Hana

Yoga si pemalu bersama Happy

Yayasan Anyo Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s